SMK N 8 Batam Adakan Kegiatan IHT Dan Work Shop Implementasi Kuri kulum Merdeka.

  • Whatsapp

Batam,Tintamediakepri.id.Demi terwujudnya pelaksanaan kurikulum Merdeka yang sudah berjalan di SMK N 8 Batam,sejak tahun ajaran baru2022/2023 yang dimulai sejak bulan Juni 2022 maka dengan ini mengadakan kegiatan IHT ( in House training implementasi) ,kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari yang dimulai sejak tanggal 18-20 Oktober 2022 .

kepala sekolah SMKN 8, Baharuddin Sitepu, M.Pd.T

Pada hari pertama memulai kegiatan tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan doa pembukaan oleh mcdan di lanjutkan dengan kata sambutan dari kepala sekolah SMK N 8 ,Baharuddin Sitepu,M.pd.T,dan dilanjutkan dengan sambutan dari Drs,Noprizal,M.Si ,sebagai pengawas sekolah SMK sekaligus membuka acara.

Hari pertama kegiatan IHT tersebut ada 3 materi kegiatan yang di pimpin langsung oleh para instruktur yaitu :

1.Materi pertama,kebijakan dinas tentang implementasi kurikulum merdeka dengan penanggung jawab materi Kacabdi propinsi Kepri ,kota Batam,Drs,Nor mohammad,M.M.2.

2.Materi kedua ,pembelajaran paradigma baru dan implementasi kurikulum merdeka dengan penanggung jawab materi Ir.Muhammad Yamin M.T, dan materi ketiga ,proyek penguatan profil pelajar Pancasila.

Untuk hari kedua pelaksanaan kegiatan IHT tersebut kembali ada 3 materi :

  1. penyusunan rancangan pembelajaran.(analisis CP,TP)
  2. Penyusunan ATP,Modul pembelajaran.
  3. Assement Pembelajaran.

Sedangkan untuk hari ke tiga pelaksanaan kegiatan tersebut terdapat 3 materi kegiatan :

  1. Penyusunan kurikulum operasional sekolah.
  2. Model kompetensi guru dan kepemimpinan kepala sekolah.
  3. Pengenalan platform Merdeka mengajar(PMM)

Setelah berlangsungnya kegiatan IHT tersebut kembali di lanjutkan dengan acara work shop implementasi kurikulum merdeka yang berlangsung mulai tanggal 21- 25 Oktober 2022.dalam kegiatan work shop tersebut Waka kurikulum menyampaikan penjelasan terkait susunan tim kerja dan penjelasan kegiatan work shop oleh Ir.Muhammad Yamin ,M.T dan kerja kelompok .

sedangkan untuk lanjutan hari kedua ada kegiatan presentasi laporan kemajuan dan kerja kelompok dengan penanggung jawab Yuni Sahfitri,S,Pd,M.M dan Noprizal,M,Si.

untuk tim kerja dalam kegiatan terbit terdapat 2 kelompok kerja yaitu ,1.Tim penyusun KSOP,2. Tim penyusun modul ajar(PS,IPAS,Mata pelajaran) ,sedangkan tugas tim penyusun Kos tersebut yaitu ,mereview visi dan misi dan tujuan,menyusun profil sekolah dan menyusun Pengorganisasian pembelajaran.

sedangkan tugas penyusun modul ajar yaitu : Analisis CP Dan penyusunan TP dan ATP.

ketua panitia pelaksana kegiatan IHT Dan Work shop implementasi kurikulum merdeka dan sekaligus peserta ,Isnaneli,S,Pd.M.pd ,ketika di wawancarai awak media ini di ruanganya mengatakan , bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh semua guru sebanyak 51 orang guru ,dan Untuk instruktur didatangkan dari luar kota Batam yaitu, fasisator dari balai latihan Cianjur ,bapak Muhammad Yamin ,MT. Sedangkan dalam kurikulum merdeka isnaneli, ada yang membedakan dengan kurikulum 2013 dimana kurikulum merdeka mengajar dalam hal penyusunan materi yaitu disesuaian karasteristik para anak didik sedangkan pada kurikulum 2013 sudah diatur oleh pusat, dan juga dalam hal pelajaran pusat hanya capaian pembelajaran saja, sedangkan dalam kurikulum merdeka lebih mengarah kepada hobby atau keinginan siswa yang disesuaikan dengan fasilitas atau sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah ,dan juga dalam hal memilih mata pelajaran juga siswa diberikan kebebasan memilih mata pelajaran pilihan yang diinginkan oleh siswa tersebut sesuai dengan kebijakan sekolah.

lebih lanjut isnaneli , juga menambahkan dalam kurikulum merdeka tersebut ada mata pelajaran P5, proyek profil pelajar panjasila , yang diharapkan siswa tersebut bisa menghasilkan bukan saja dalam bentuk barang akan tetapi dapat menghasilkan sesuatu yang berguna bagi mereka dengan suatu tujuan ketika siswa siswi tamat dari sekolah menengah kejuruan mereka bisa langsung bekerja .,dan saat ini sekolah kita juga sedang mengusulkan untuk SMK N8 Bisa melaksanakan kurikulum merdeka berubah.

Masih kata,ketua panitia Isnaneli,M.pd Setelah selesai melaksanakan IHT,acara dilanjutkan dengan work shop implementasi kurikulum merdeka yang bertujuan untuk menyusun kurikulum merdeka tersebut ,yang disebut dengan KURIKULUM OPERASIONAL SATUAN PENDIDIKAN ,dan guru guru juga menyusun analisis capaian pembelajaran dan analisis tujuan pembelajaran ,dan diharapkan juga melalui kegiatan tersebut guru guru juga bisa mengimplementasikan ya kepada para siswa siswa,tutupnya.

sementara itu kepala sekolah Baharuddin sitepu,M.pd.T ,ketika diwawancarai ,Tintamediakepri.id diruang kerjanya mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah untuk bagaimana para guru guru bisa menyesuaikan dari kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka ,sehingga guru guru tersebut bisa mengimplementasikan kurikulum merdeka tersebut kepada para anak didik,baik dari segi capaian pembelajaran dan tujuan pembelajaran yang diterapkan dalam kurikulum tersebut ,sehingga dengan kurikulum merdeka tersebut anak didik bisa mencapai tujuan masing masing,Tutupnya,.(jabat)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.